banner 325x300
NewsSliderTerkini

Kekeringan, Warga Di Cimulya Berjalan 1 Km Untuk Ambil Air

429
×

Kekeringan, Warga Di Cimulya Berjalan 1 Km Untuk Ambil Air

Sebarkan artikel ini
kekeringan, warga rela antri dan berjalan jauh untuk mendapatkan air

Seputarkuningan.com – Kekeringan melanda Desa Cimulya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan sejak dua minggu terakhir. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga harus rela berjalan kaki ke sumur yang berada di area perbukitan  berjarak sekitar satu kilometer dari tempat tinggal mereka.

“Ada sumur di area perbukitan. Tapi jaraknya dari sini (perumahan warga) sekitar satu kilometer,” kata salah seorang warga, Jamsi kepada seputarkuningan,com, Rabu (23/8/2023).

Advertisement
banner 325x300
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jamsi mengatakan, setiap pagi dan sore  ia harus mengambil air bersih di sumur tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia berjalan kaki sambil memikul dua ember berukuran 10 liter menggunakan bambu untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Saya gunakan untuk keperluan memasak, minum, dan mandi. Jadi setiap pagi dan sore hari sekali harus ambil air ke sumur,” ujar Jamsi.

Warga lain, Jumiati, menambahkan, air sumur miliknya yang menjadi andalan sehari-hari kering karena tidak turun hujan.

“Sumur pada kering. Ada satu sumur di area perbukitan  yang airnya tidak kering. Tapi jaraknya dari rumah cukup jauh,” ujar Jumiati.

Bahkan, untuk mencuci pakaian Jumiati dan beberapa warga lainnya melakukannya di tempat tersebut. Sejak kekeringan melanda akibat tidak ada hujan, warga Desa Cimulya harus rela naik turun perbukitan untuk mendapatkan air bersih.

Warga berharap pemerintah daerah dapat memberikan bantuan air bersih. (Elly Said)

 

Tinggalkan Balasan