banner 325x300
PemerintahanSliderTerkini

Capai 30 % Pengerjaan, Jalan Cipari-Cisantana Ditargetkan Rampung Desember 2023

322
×

Capai 30 % Pengerjaan, Jalan Cipari-Cisantana Ditargetkan Rampung Desember 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Kuningan H. Acep Purnama saat melakukan podcast

Seputarkuningan.com – Proyek jalan pariwisata yang telah berjalan kurang lebih satu bulan ini telah mencapai 30% pengerjaan.  Targetnya yakni selesai 3,5 bulan dari awal pengerjaan, sehingga awal Desember 2023 selesai.

Hal itu disampaikan Bupati Kuningan, H Acep Purnama usai melakukan podcast pelaksanaan intruksi jalan daerah tahun anggaran 2023 di Jalan Cipari-Cisantana, Selasa (3/10/2023).

Advertisement
banner 325x300
Scroll kebawah untuk lihat konten

 “Tadi saya  lihat pengerjaan jalan, itu sudah masuk 30 persen. Kita bersyukur, terima kasih kepada Pak Presiden dan Pak Menteri serta seluruh keluarga besar Kementerian PUPR. Sebab wilayah Kuningan sangat diperhatikan, sekarang sedang proses pembangunan jalan pariwisata Cipari-Cisantana dan juga jalan lingkar Cipasung-Subang,” ujar Acep.

Acep berharap, setelah proyek jalan pariwisata selesai dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. Namun tetap harus diperhatikan nilai konservasi di sepanjang kawasan jalan pariwisata.

Menurut Acep, jika proyek jalan lingkar Cipari-Cisantana menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan ketika momentum liburan. Apalagi, proyek jalan lingkar ini masuk dalam program Proyek Jalan Nasional (PJN).

“Pasti nanti akan tumbuh tempat-tempat persinggahan, warung, penginapan dan yang lain. Kami akan persilakan itu, namun tetap harus sesuai dengan ketentuan untuk menjaga nilai konservasi dan ikuti aturan terkait pengendalian oleh pemerintah daerah,” kata Acep.

Setidaknya Pemerintah Pusat menganggarkan Rp 23 miliar dari APBN untuk proses pembangunan jalan Cipari-Cisantana. Yakni dengan pengerjaan jalan sepanjang 2,4 kilometer. Tak hanya itu, Pemda Kuningan berencana membangun terminal wisata di wilayah Cisantana. Sehingga kendaraan rombongan pengunjung wisata dapat ditempatkan di lokasi tertentu, tidak terparkir di badan jalan sepanjang akses masuk kawasan wisata di Cisantana. (Elly Said)

Tinggalkan Balasan