banner 325x300
SliderSosial BudayaTerkini

Polres Kuningan Gelar Lomba Siskamling, Desa Cikupa Sabet Juara 1

610
×

Polres Kuningan Gelar Lomba Siskamling, Desa Cikupa Sabet Juara 1

Sebarkan artikel ini
Pemberian penghargaan juara lomba siskamling

Seputarkuningan.com – Kepolisian Resor Kuningan Jawa Barat menggelar lomba siskamling. Hal tersebut dilakukan guna kembali mengaktifkan sistem keamanan lingkungan atau siskamling di wilayah Kabupaten Kuningan. Pasalnya budaya Siskamling ini dinilai cukup efektif meningkatkan keamanan lingkungan di desa-desa.

Lomba Siskamling yang digelar pada moment Hari Bhayangkara ke-77 dengan harapan dapat meningkatkan peran serta masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan secara mandiri.

Advertisement
banner 325x300
Scroll kebawah untuk lihat konten

Menurut Kapolres Kuningan, AKBP Willy Andrian, lomba Siskamling ini juga sebagai upaya menggiatkan kembali pos kamling yang saat ini mulai ditinggalkan masyarakat. Lomba Siskamling ini diikuti seluruh pos kamling yang ada di wilayah hukum Polres Kuningan.

“Penilaian Siskamling dan aktivitas pos kamling dilakukan petugas kepolisian dari Polres Kuningan dengan tetap mengedepankan aktivitas dan peran serta warga dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing,” ujar AKBP Willy Andrian kepada awak media saat dikonfirmasi usai memberikan penghargaan kepada pemenang lomba siskamling, di Mapolres Kuningan, Rabu (21/6/2023)

AKBP Willy melanjutkan,  lomba Siskamling ini, yang dinilai ada beberapa kriteria yaitu di antaranya  kebersihan, kerapian, kelengkapan alat bantu pos jaga dan yang terpenting kesiapsiagaan anggota Siskamling yang berjaga.

“Siskamling ini merupakan garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW. Maka dari itu kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat,” ujar AKBP Willy.

Apalagi, kata AKBP Willy, saat ini Kabupaten Kuningan akan menghadapi Pilkades serentak pada Bulan Agustus 2023, kehadiran siskamling harus betul-betul menjadi cooling system di lingkungannya masing-masing.

“Jangan sampai terjadi perpecahan karena berbeda pilihan. Persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus kita jaga Bersama,” ujar AKBP Willy.

Untuk pemenang lomba siskamling ini adalah juara 1 diraih oleh Blok Desa Rt 02 Rw 01 Desa Cikupa Kecamatan Darma, juara 2 diraih oleh Dusun Padamulya Desa Padamenak Kecamatan Jalaksana dan Juara 3 dimenangkan oleh Dusun Pahing Rt 04 Rw 02 Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang. (Elly Said)

Tinggalkan Balasan