SCROLL UNTUK LANJUT MEMBACA
Example 325x300
banner 325x300banner 325x300banner 325x300
EkonomiSliderTerkini

Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban di Kuningan Diperiksa

3406
×

Jelang Idul Adha, Kesehatan Hewan Kurban di Kuningan Diperiksa

Sebarkan artikel ini
Petugas saat memeriksa kesehatan hewan kurban

Seputarkuningan.com – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan memeriksa Kesehatan hewa ternak. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan hewan kurban dalam kondisi sehat menjelang Idul Adha.

Satu per satu, hewan kurban tersebut diperiksa, salah satunya di pasar ternak Jalan Raya Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Kamis (8/6/2023). Petugas memeriksa Kesehatan hewan kurban mulai dari mulut, gigi, mata, cek suhu tubuh dan lainnya. Petugas juga memastikan hewan yang akan dijual untuk kurban sudah cukup umur.

Menurut petugas Puskeswan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kuningan, Aruman Yuliawan, pemeriksaan guna memastikan ternak terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) penyakit Lumpy Skin Disease (LSD)

“Nantinya hewan yang sudah melalui pemeriksaan dan dinyatakan sehat akan diberikan tanda khusus di leher kambing. Untuk saat ini, kami baru melakukan pemeriksaan terhadap hewan kambing. Untuk sapi akan kami lakukan beberapa hari ke depan,” ujar Aruman kepada awak media.

Pada pemeriksaan tersebut, masih ditemukan ada kambing yang belum layak untuk dijadikan kurban. Pemeriksaan Kesehatan pada hewan kurban ini akan terus dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Adha nanti.

“Pemeriksaan Kesehatan akan dilakukan intens hingga hari raya. Dan pemeriksaan dilakukan di setiap peternak kambing dan sapi untuk kurban, “ ucap Aruman. (Elly Said)

 

 

Tinggalkan Balasan