banner 325x300
PemerintahanSliderTerkini

Sekda Dian Beri Apreasi Petani Milenial

157
×

Sekda Dian Beri Apreasi Petani Milenial

Sebarkan artikel ini

Seputarkuningan.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan Dr.  H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si didampingi istri yang sekaligus merupakan Ketua DWP Kabupaten Kuningan Hj. Ela Dian berkunjung di stand Pasar Tani Petani Milenial disela-sela waktu aktivitas olahraga car free day, untuk berbelanja produk hasil pertanian,  Minggu, (10/12/2023) di area Jalan Siliwangi Kuningan.

Dalam kesempatan tersebut Sekda sangat mengapresiasi sekaligus bangga terhadap Petani Milenial Kabupaten Kuningan, anak muda yang penuh semangat dan konsen dalam bidang pertanian.

Advertisement
banner 325x300
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Saya merasa bangga karena sesuai dengan Kuningan yang  sudah prepare dengan Kabupaten Pariwisata dan  Pertanian. Kita melihat Generasi muda kurang  tertarik  kepada sektor pertanian, tapi dengan adanya komunitas Petmil saat ini membuat kita ada harapan, ternyata generasi muda Kuningan  ada juga anak muda yang tertarik atau melirik terhadap pengembangan sektor pertanian yang saya kira cukup menjanjikan. Jadi sesuai dengan harapan kita bersama Kuningan  menjadi Kabupaten terunggul di sektor pertanian dan pariwisata.”tandas Sekda

Sekda berharap agar program-program dari Petmil mampu membangkitkan gairah anak muda untuk terjun ke dunia pertanian. “Hal ini tentunya juga  mendorong kita semakin optimis  menjadi Kabupaten  dengan ketahanan pangan yang cukup. Kemudian kegiatan ini juga menjadi solusi untuk mengatasi Inflasi daerah dan menjadi salah satu variabel agar kita tidak tergantung pada  daerah lain.”jelas Sekda

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menuturkan, Pasar Tani Petani Milenial merupakan binaan dari Diskatan. Salah satu kendala yang dihadapi adalah pemasaran, karena itu Wahyu memberikan solusi untuk memasarkan hasil pertanian petani milenial tersebut di acara car free day. “Kami terus membina dan mengembangkan pasar tani milenial ini, ketika setelah produksi dan kendala mereka adalah di pemasaran, karena itu kami fasilitasi untuk memasarkan produk pertaniannya di Pasar Tani saat acara car free day, setiap hari Minggu hadir mulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 9.00 pagi.”tuturnya.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan produk hasil pertanian Petani Milenial yang dipasarkan di Pasar Tani dipasok dari petani milenial yang ada di Kabupaten Kuningan, saat ini ada sekitar 100 petani milenial. Produk yang dipasarkan di Pasar Tani seperti kangkung, bayam, terong, selada bokor, tomat, cabai, mangga dijual dengan harga yang sangat murah. Kemudian ada juga labu, petai dan olahan produk hasil tani seperti jus dan juga puding yang bebas dari pemanis buatan.

Sayuran dan buah-buahan yang dipasarkan oleh Petmil tersebut ditanam dengan hidroponik dan bebas dari insektisida. “Semua sayurannya ditanam secara hidroponik, kemudian di polybag dan bebas dari insektisida, jadi aman dan sehat jika kita konsumsi. Harganya pun murah mulai dari 5000 rupiah. Serbu alias serba lima ribu. Dan makanan hasil olahan nya juga enak dan aman untuk dikonsumsi.”jelas Wahyu

Wahyu berencana tidak hanya memasarkan hasil tani Petmil saja, kedepan Kepala Diskatan tersebut akan menggandeng KWT (Kelompok Wanita Tani) di Kabupaten Kuningan untuk memasarkan hasil tani di Pasar Tani dengan skala yang lebih besar lagi. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung para petani sekaligus mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan. (Humas Diskatan/Elly Said)

 

Tinggalkan Balasan