banner 325x300
PemerintahanSliderTerkini

Pengamanan Nataru, Polres Kuningan Siapkan 529 Personel Gabungan

529
×

Pengamanan Nataru, Polres Kuningan Siapkan 529 Personel Gabungan

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Kuningan dan Kapolres Kuningan beserta Forkopimda saat cek pasukan

Seputarkuningan.com – Pj. Bupati Kuningan, Raden Iip Hidayat saat membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel, maupun sarana dan prasarana yang digunakan selama pelaksanaan operasi. Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (Nataru) dapat berjalan optimal.

“Pengamanan Nataru merupakan tugas  rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Natal dan Tahun Baru ini rutinitas. Tetapi harus tetap direncakan, dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” kata Pj Bupati di Halaman Mapolres Kuningan,  Kamis (21/12/2023).

Advertisement
banner 325x300
Scroll kebawah untuk lihat konten

Hal tersebut penting, lanjut Pj Bupati, karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasar survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107, 63 juta orang, meninggal 143,65 % atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

“Selain itu, perayaan Nataru tahun ini, juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024, sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi,” ujar Pj Bupati.

Sementara itu, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian menjelaskan  dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari yang dimulai sejak tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan  529 personel gabungan.

“Nanti kami menyediakan 5 pos yaitu 3 pos pam yang berada di Sampora, Bojong dan Cigugur, 1 pos pelayanan terpadu di Taman Kota dan 1 pos pelayanan di Terminal Kertawangunan. Dan ada 21 pos gatur,” ungkap Kapolres.

Jadi, lanjut Kapolres, pos-pos ini nanti untuk mengantisipasi pengamanan selain pengamanan jalur lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan dan juga pengamanan gereja.

“Untuk rekayasa jalur, kami sudah melakukan kordinasi dengan steakholder terkait akan mengaktifkan kembali jalan baru yang sedang dalam perbaikan dan mudah-mudahan pada tanggal 25 nanti sudah bisa digunakan kembali. Untuk jalur wisata nanti akan kita bersihkan dan akan dijaga oleh persenel Polres Kuningan,” kata Kapolres.

Untuk menjamin pelaksanaan ibadah Natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah akan dilakukan sterilisasi dan melibatkan Tim Gegana Brimob Polda Jabar.  Sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

Apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Lodaya 2023 dalam rangka pengamanan natal tahun 2023 dan tahun baru tahun 2024 diikuti oleh Jajaran Polres Kuningan, TNI, Dishub Kabupaten Kuningan, Satpol PP Kabupaten Kuningan, Dinkes Kabupaten Kuningan serta mitra Polri. (Elly Said)

Tinggalkan Balasan